Banyak penggemar otomotif yang mungkin belum begitu mengenal brand QJMotor. Namun, jangan salah sangka, QJMotor adalah merek sepeda motor asal Tiongkok yang berada di bawah payung Zhejiang Qianjiang Motorcycle Group Co., Ltd. yang merupakan salah satu produsen sepeda motor besar, yang didirikan pada 1985.
Qianjiang Group sendiri telah menghasilkan bermacam jenis sepeda motor dan merupakan holding company dari beberapa brand dunia, termasuk Benelli asal Italia yang telah diambil alih sejak 20 tahun lalu. QJMotor masuk ke Indonesia membawa berbagai macam model dan genre. Mulai dari skuter matic, sport, adventure, hingga cruiser. Nah, pada model cruiser, jelas yang menjadi andalan dari brand ini adalah SRV 600 V, sebuah motor cruiser bergaya retro modern yang menarik perhatian.
Sekilas, garis desain motor ini mirip dengan gaya motor cruiser ala Amerika. Sebut saja Harley-Davidson atau Indian. Tapi mampu tampil lebih modern berkat desain headlamp kotak serta lampu belakang yang menyatu dengan sein. Kesan modern lebih terasa karena semua lampu tersebut sudah LED. Satu detail yang menarik adalah penggunaan side bar mirror yang membuatnya tampak custom dan rebel.
Siuetnya terlihat gagah dan tegas ditunjang dengan tangki bbm yang tampak kekar. Selain itu, detail lainnya juga bahan yang digunakan juga patut diacungi jempol. Secara umum, build quality dari motor ini sangat top, dan mampu secara otomatis menghilangkan kesan produk Tiongkok yang di masa lalu kerap dipandang sebelah mata karena kualitasnya yang kurang bagus.

Masalah performa juga tangguh. SRV 600 V dibekali mesin V 4 silinder dengan kapasitas 561 cc yang mampu menghasilkan 67 hp dan torsi maksimal 54 Nm. Suara yang dihasilkan dari knalpot bergaya doble barrel di kedua sisinya, boleh dibilang sangat eargasm, walau tak segalak mesin-mesin cruiser ala motor buatan Negeri Paman Sam.
Wartawan sempat menjajal performa SRV 600 V untuk touring dari Bogor ke Bandung dengan jarak sekitar 150 kilometer sekali jalan. Impresi awal saat berkendara dengan motor ini, surprisingly, sangat enteng untuk motor bongsor dengan berat mencapai 219 kilogram. Handling-nya pun enak dan rasanya tidak bakal menimbulkan masalah bagi rider yang baru mencoba motor ini.
Ketika digeber di jalanan lurus dan panjang, tarikan SRV 600 V yang memiliki 6 percepatan dengan wet clutch ini mungkin tidak segila motor sport dengan kapasistas mesin serupa, tapi cukup kencang juga, terutama bagi mereka yang belum pernah mengendarai motor dengan kapasitas mesin serupa.
Kemudian, saat motor diajak untuk melewati jalanan menanjak dan menikung di kawasan Puncak dan Padalarang, pun tak ada kendala sama sekali. Walau posisi duduknya agak nyender, motor tetap mampu melewati tanjakan dan tikungan dengan mulus.
Motor ini juga sangat nyaman dikendarai berkat posisi duduknya yang santai dan joknya yang tergolong lebar. Sangat menolong dalam perjalanan jauh. Efeknya, rider tidak gampang lelah. Suara berisik dari putaran rantai juga tidak akan ditemukan pada motor ini, karena SRV 600 V menggunakan penggerak belt.
Saat harus stop and go karena terjebak kemacetan pun, panas yang dihasilkan dari mesin SRV 600 V juga masih sangat bisa ditoleransi. Hanya terasa hangat, tidak sampai panas banget rasanya di paha dan di betis.
Pada sektor suspensi, di bagian depan, SRV 600 V dibekali Marzocchi telescopic upside down, serta pada bagian belakang menggunakan telescopic coil spring damped. Tidak bisa dibilang empuk saat harus melewati jalanan bergelombang, tapi masih bisa dikatakan nyaman.
Pada bagian kaki-kaki lainnya, SRV 600 V memakai band ukuran 130/90 ring 16 (depan) dan 180/65 ring 16 (belakang). Lalu, di bagian pengereman, untuk bagian depan menggunakan double disc berukuran 300 milimeter dan sisi belakang single disc 260 milimeter. Sudah sangat mumpuni untuk menjamin keselamatan selama perjalanan. Apalagi, sudah SRV 600 V juga sudah mengadopsi teknologi pengereman ABS.

Selama perjalanan, pengendara juga bisa selalu memantau kondisi motor melalui panel instrumen digital yang sangat informatif. Mulai kecepatan, rpm, suhu mesin, indikator BBM, hingga tekanan ban bisa dilihat melalui panel instrumen digital bernuansa klasik berbentuk bundar.
Selain untuk perjalanan jauh, SRV 600 V juga sangat bisa untuk dijadikan tunggangan sehari-hari. Karakter mesinnya yang tidak panas saat motor berada dalam kepadatan lalu-lintas serta handling-nya yang nyaman, membuatnya dengan mudah untuk melewati kepadatan jalanan perkotaan.
Kesimpulannya, QJMotor SRV 600 V sangat nyaman dikendarai. Berdasarkan hasil pengujian, saat dikendarai untuk touring jarak jauh pun motor ini no issues. Tidak ada kendala sama sekali. Rute perkotaan maupun tanjakan bisa dilewati dengan tanpa kendala. Tampilannya yang memancarkan aura retro modern juga menjamin berkendara jadi lebih bergaya.
Menilik harga yang ditawarkan Rp 179,99 juta (OTR DKI Jakarta), motor ini sangat mungkin menjadi kompetitor tangguh dari motor dengan jenis dan kapasitas mesin serupa yang ditawakan oleh brand-brand lain yang mayoritas dibanderol di atas Rp 200 juta bahkan di atas Rp 300 juta. (*)